Mbrasak with krucils – salah satu ekspresi bahasa kasih di keluarga kami

MBRASAK istilah jawa yang artinya menerobos/memotong jalur yang sebelumnya tidak ada (dari : mbrasak.blogspot)
Jadi Mbrasak with krucils ya artinya free adventure bareng anak-anak alias krucils 😊
Mbrasak bagi kami adalah quality time yang kami (saya dan suami) luangkan buat membersamai krucils, karena belum terlalu keliatan “bahasa kasih” dominan mereka jadi selama masa pengamatan kebersamaan inilah bahasa kasih yg bisa kami buat untuk mengisi tanki emosional dan cinta mereka.
Kenapa memilih mbrasak sebagai quality time?


Karena di usianya sekarang krucils masih butuh banget untuk banyak eksplorasi, bermain di alam, mengenal berbagai macam ciptaan Allah, menghabiskan tenaganya yg berlebih, buanyak yg mereka bisa pelajari dengan mbrasak. Dan kebetulan juga papanya hobi adventure… Jadi pas banget menjadikan mbrasak with krucils ini sebagai salah satu cara kami belajar.
Ada teman yg memutuskan untuk menjadikan “Learning by traveling” atau travel learning sebagai wadah home education anak2nya. Itu bikin saya mupeng berat, tapi pastinya butuh banyak biaya xixi, ini salah satu pertimbangannya, jadi mbrasak bisa jadi alternatif kan xixi πŸ˜„
Sudah beberapa tempat kami kunjungi, karena pertimbangan biaya dan waktu… Dimulai dari yg dekat dan terjangkau aja dulu

Ini kurang lebih dokumentasi kegiatan mbrasak yang sudah kami jalanin setelah ada 4 krucils di rumah kami

1. Piknik at Piayu Laut, 2-4-17

Karena dekat ga perlu banyak persiapan, papa berangkat gowes, mama with krucils menyusul pale motor, cuma numpang makan aja πŸ˜‚

2. Air terjun bukit Mangsang 14-04-17

Foto copas dari fb πŸ™ˆ

Motor biking lanjut hiking bareng temen dan keluarganya, menikmati hujan di mushola bukit Mangsang, lanjut jalan sehat menuju air terjun setelah hujan reda, main air dari air keruh sampai bening lagi πŸ˜„

Bekal sarapan dan makan siang plus baju ganti aja dah bikin krucils berbinar tanpa inget lagi capeknya perjalanan itu.

3. Jelajah Bintan 1, 11-7-17

Mupeng liat banyak yg nyebrang dan bersenang2 ke pulau Bintan pas liburan lebaran lalu, akhirnya memutuskan untuk ngajakin krucils kesana juga

Cerita selengkapnya bisa ngulik fb saya

Sejak ini, Ai seriiing banget bilang mau kesana lagi, nginep di hotel yg sama (Bintan Beach Resort, Tanjungpinang) biar bisa puas berenang πŸ˜„

Kalo yg kayak gini ga bisa sering2 dek, tekooor πŸ˜‚

3. Pulau Penyengat, 28-9-17

Mbah datang dan pengen dianter ke pulau penyengat, sambil jelajah bbrp spot di pulau Bintan juga

Ini kali kedua krucils nyebrang pulau naik pompong, pernah ke pulau Belakang Padang pas masih hamil adek Rara

4. Pelabuhan sei Pancur, 7-10-17

Gowes aja, cuma bawa snack. Jadi tau apa itu hutan mangrove, ikan fisherman fish, burung bangau dan kepiting plus lubang persembunyiannya, meski mama gempor karena adek Rara ngantuk jadi musti digendong sambil gowes 😁

5. Family camp di Poyotomo, 1-12-17

Ajakan mendadak dari tetangga ternyata asik banget
Liat diSINI untuk review nya

❀️❀️❀️❀️❀️

Jadi setelah ini kemana lagi ya…

Meski ya… Gempor to the max, tapi melihat mereka berbinar begitu, hilang dech capek (eh masih berasa ding, tapi terbayar gitu lho 😜)

Apalagi tau kalo mereka buanyak sekali belajar, belajar langsung dari alam, yang terekam sebagai kenangan indah itu InsyaAllah akan mudah diulik lagi dan disisipi imaji2 positif untuk menumbuhkan fitrah mereka.

Erli Oktania
Mama krucils yg terus belajar menjadi pendidik terbaik krucilsnya

Tulisan ini adalah tema yg saya ambil sebagai pemenang arisan menulis dari rumbel menulis IIP Batam.
Thanks to mb Una, yg bawa2 gilingannya sampai ke Masjidil Haram dan namaku keluar disana. Aaah mb Una, semoga kami segera dimampukan untuk segera kesana juga ❀️

18 thoughts on “Mbrasak with krucils – salah satu ekspresi bahasa kasih di keluarga kami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s