Poyotomo – Family Camp asik di kaki Gunung Bintan

Poyotomo, sebuah Fishing Camp di kaki gunung Bintan yang asik banget, rekomended dech buat family camp.

Letaknya sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan Roro Tanjung Uban, tepatnya di Bintan Buyu, Teluk Bintan, yang kalo kesana sepanjang jalan kita bisa liat deretan pohon durian yang menggiurkan, ish sayang dech masih kecil2 yang bergantungan di pohon2 itu, coba kesini sekitar bulan Januari bisa dech sambil pesta duren 😄.

Sejak kesini Juli 2017 lalu dah tau siy kalo di tempat pemancingan ini kita bisa camping karena banyak tenda disiapkan untuk disewa. Tapi baru keturutan sekarang untuk bisa camping disini.

1. Transportasi

Jadi, kami berangkat ber-12, 2 keluarga terdiri dari 4 dewasa plus 8 krucils, hehe… Rame, umur krucils mulai 1th sampai 11th, bisa dibayangkan ya umek usreknya 😂😂

Jam 6.10 berangkat dari Piayu naik motor beriringan ke pelabuhan punggur, sampai sana sekitar jam 7an, pas banget langsung masuk kapal Roro buat nyebrang sampai Tanjung Uban.
Motor dititipin ke jasa penitipan yg buanyak tersedia di sekitar pelabuhan, kalo motor 15rb/malam (mobil brp yak, ga pernah nanya 😬)
Tiket masuk Roro 20rb/orang (dewasa, anak2 ga bayar).

Ini kali ketiga kami sekeluarga naik Roro dari Punggur ke Uban, hampir ga pernah sama kapal yg dinaiki, tapi kali ini paling seru… Hahaha ini kapal apa penampungan

Tapi asik siy lesehan gini, tapi sayang buanyak bapak2 tidak bertanggung jawab yg asal aja kebal-kebul merokok sembarangan 😕

Ransum dibuka buat sarapan rame2. 1 jam perjalanan, pas 7.30 kapal berangkat sampai Uban 8.30
Sampai sana dah ditunggu pemilik mobil yg kita sewa.
Oiya kami memutuskan sewa mobil dari uban (rencana tetanggaau naik motor 😱 ga bayangin badan bakal remuk redam 😄). Banyak penyewaan mobil di sana, sebaiknya bbrp hari sebelum hari H sudah konfirm biar kita bisa pilih jenis mobilnya, kami pilih avanza matic biar muat 😆

Harga rata2 300-350rb per 24jam, klo dah kenal bisa cincai haha, ada yg harus ninggal ktp dan sim (fotokopi), ada yg based on trust 😉
Untuk 2 hari (dari jam 09.00 – 17.00 besoknya) kami kena 500rb, bensin 120-150rb udah bisa sampe muter2 ke Tanjungpinang.

2.  Tiket masuk dan Tenda di Poyotomo

Pengen camping tapi ga punya tenda? Amaaaan, tenang aja… Di Poyotomo disediakan kok, tendanya muat untuk 3-4 orang.
Tiket masuknya 10rb (dewasa), 5rb (anak2 usia sekolah), yg kecil2 geratisss.

Sewa tenda 50rb, kalo bawa tenda sendiri tinggal nyewa lokasi aja, 20rb untuk kapasitas 2-3 orang, 50rb yg kapasitas 5-6 orang dan 100rb untuk tenda super besar. termasuk tikar buat alas dan bantal.

3. Toilet dan Musholla

Kereeen dech, kamar mandinya bersih terawat meski sampe malam dan paginya, ada penjaganya yg bbrp kali patroli sampai pagi.

Ada kloset jongkok dan kloset duduk, tinggal pilih mau yg mana hehe..

Musholla nya cantik dan nyaman banget, ada tempat wudhu di depannya, disediakan cermin, sisir dan talk buat bedakan hehe.
Mushollah ini tempatnya pas disebelah kamar mandi

4. Camping story

Okey… Jadi kami masuk poyotomo sekitar jam 5 sore (jam operasional 09.00 – 18.00) bayar tiket masuk trus reservasi di kantin ke pengelolanya. Kemarin dah wapri duluan siy jadi dah tinggal bayar.

Tenda dipasangin sama pihak sana, kita tinggal tentukan aja mau didirikan disebelah mana, bebasss pokoknya mah mau dimana aja, asal tanahnya datar.

Tendanya praktis banget, jadi sebelum jam 6 dah siap ditempati, sama oom-nya dikasih taburan garam juga buat antisipasi ular, deket pemukiman jadi adzan terdengar jelas disini.

Terdengar adzan Maghrib dan pengunjung disana sudah mulai banyak berkurang (tutup jam 6 sore siy, tapi masih ada aja ternyata yg asyik nongkrong meski sudah gelap), kami mulai gantian mandi, hehe maklum seharian main air sampe lengket di badan dan bau keringet meski di pantai juga bilasan siy, tapi airnya seger banget di Poyotomo sayang banget dilewatkan, lagian pasti nyenyak banget tidur kalo seger badan kan.
karena dah sepi jadi asyik aja jebar jebur mandi dan mandiin krucils

while papa dan abi (tetangga) instal tenda (bawaan dari rumah) dan masak air buat bikin anget2an, kebetulan kami bawa mie gelas, teh dan jahe … Alhamdulillah badan seger kena anget2 …tinggal tidurnya aja hihi …😄😄

eitzzz tapi hati-hati ya ….
ternyata disana ada bbrp anjing liar, jadi amankan ransum anda biar ga digondol 😬
pas kami lagi asyik mandi, tenda ga ada yg jaga, ayam percik sisa sarapan (ga sisa ding masih setengah lebih haha …) yang sedianya mau di cemil2 buat makan malam karena nasinya dah habis, eh dimakan anjing …krucils yg liat ga berani berkutik wkwkwk …yasud itung2 sedekah yak buat makluk Allah yang lain.

karena kebutulan kami ambil spot yg agak jauh dari kamar mandi, mungkin next kalo cuma 1-2 keluarga bisa nyari yg deket2 musholla, karena kalo hujan pengelola mempersilahkan untuk pindah ke musholla atau kantin.

oiya, kita juga disediakan air dispenser yang free dan bisa digunakan all night. jadi ga perlu khawatir kehabisan air (dan air panas) mesk kantin sudah tutup dari jam 6 sore.

sayangnya kami dah tepar banget jadi ga ngambil foto pas malam, jangan bayangin bakal gelap gulita yak hehe …kita cuma perlu siapin lampu buat didalam tenda, disepanjang koridor yg mengelilingi kolam pemancingan dan semua gazebo yg ada (ada lebih dari 35 pondok/gazebo disana) di fasilitasi dengan lampu yg cukup buat yg camping disana. sampai jam 10an juga masih denger suara bbrp orang bapak2 yg asyik mancing.

Jangan lupa sediakan lotion anti nyamuk ya, nyamuknya buanyak ..dan dingiiiin menjelang subuh, jadi bawa kaos kaki juga.

Baru kali ini krucils melihat matahari terbit
masyaAllah indahnya …..😇

sarapan roti bakar selai nanas dan stroberi plus minum jahe hangat …masyaAllah nikmat mana yg kami dustakan …
ditambah lagi cuaca yang sangat mendukung, sudah ketir2 sebenernya karena Batam bbrp hari sebelumnya hujaaan terus, jadi kami prepare plastik besar2 buat alas tenda dan tutup atas kalo2 hujan (tapi kita dipersilahkan untuk berteduh di kantin atau musholla kok ..insyaAllah nyaman jadi ga perlu terlalu khawatir dengan hujan.

5. What a beautiful morning

serasa tempat ini pekarangan private haha … sejauh mata memandang warna-warni bunga, gemericik air dan ikan, hijau pepohonan …dan kami cuma ber-12 …aaaahhhh indahnya
siap sarapan, mulai eksplor seluruh sudut area poyotomo ini, kalo sanggup wakakak karena lumayan luas dan di arean depan setelah pintu masuk aga menajk gitu, dah cukup gempor dari kemarennya, jadi nyari spot yg bagus buat poto-poto ajah (halah hhi …)

inilah para krucils …wkwkwk anak kami 4 aja yak, 4 lagi anak tetangga 😄

lagi asyik jalan pagi dan poto ternyata ada beberapa ikan gurame yg sakaratul maut, sepertinya sudah keseringan kena kail jadi cedera parah, sampai menepi di kolam dan diambil pakai tanganpun dia dah ga sanggup lagi melawan

karena ga ada kegiatan lain, sudah capek eksplor dan sudah pengen segera lanjut ke next destination, kami ga mau nunggu sampai buka (jam 9 baru buka), jadi jam 8 pamit aja sama penjaganya, tenda dibiarkan begitu saja (kecuali tenda sendiri yg dah rapih wkwkwk) kami melanjutkan perjalanan …

dear Poyotomo ….
nantikan kami kesini lagi ya ….