Mama musti terus belajar mendongeng niy

Mendongeng bukan keahlian saya 😁, sebagai seorang yang ga kreatif susah buat saya menemukan tokoh yang pas dan menciptakan alur cerita yang asik saat mendongeng buat krucils… Hehe suka kehilangan kata-kata gitu alias mbuletisasi.

Makanya saya lebih sering membacakan buku daripada mendongeng hehe, tapi krucils suka sekali didongengin (dibacain buku juga ga nolak siy)

Jadi…. musti semangat belajar terus dan terus, praktek terus dan terus (nah ini yang masih kebanyakan alasan buat meluangkan waktu mendongeng/bercerita buat krucils 😜)

Kenapa musti bisa mendongeng?

Ya karena anak2 suka didongengin, suka diceritain, suka dibacain buku, waktu-waktu ini bisa banget jadi time bonding antara ortu dengan anak2nya. Dan yang paling penting, dari mendongeng kita bisa banget memasukkan nilai2 moral dan hal2 positif lain buat membangun karakter mereka.

Untuk bisa MENDONGENG 


Kita musti menemukan empat unsur penting sehingga sebuah dongeng itu menarik, yang sesuai dengan siapa yang didongengin tanpa mengurangi moral story yang mau disampaikan sang pendongeng.
Yaitu :

•  Tema
Tema cerita merupakan konsep abstrak yang dimasukkan pengarang ke dalam cerita yang ditulisnya, sekaligus sebagai pusat cerita.

Tokoh
Tokoh adalah individu rekaan yang mengalami peristiwa atau perlakuan dalam berbagai peristiwa yang ada dalam cerita.

Alur Cerita
Alur adalah konstruksi mengenai sebuah deretan peristiwa secara logis dan kronologis saling berkalitan yang dialami pelaku

Latar Cerita
Latar adalah segala keterangan, petunjuk yang berkaitan dengan ruang, waktu dan suasana terjadinya peristiwa dalam suatu karya sastra. Dengan demikian sebuah latar cerita akan memberi warna cerita yang ditampilkan, disamping juga memberikan informasi situasi dan proyeksi keadaan batin para tokoh. 

Bahasa
Pastikan kalimat yang dibuat mudah dimengerti oleh pendengar. Hindari diksi maupun susunan kalimat yang bisa mengundang multitafsir. Pendengar seperti anak-anak lebih menyukai kalimat yang lugas dan tidak menggurui.

Semoga nukilan materi Bunda Sayang diatas bisa membuat mama krucils makin semangat membuat dan mendongeng buat krucils
Erli Oktania
Mama yang lagi belajar memperbanyak jam terbang mendongeng buat krucils nya

#aliranrasa
#Level10
#KuliahBunsayIIP
#GrabYourImagination

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s