About Family Project Rumah Krucils – journal belajar level 3

Mengenal “family project” pertama kali adalah saat materi ini diberikan di kelas bunda sayang Maret 2017 lalu..
Sejak itu kegiatan seru yang kami jalankan bareng2 dinamai family project, ga harus yang muluk2 binti njlimet, bahkan sekedar jalan2 a.k.a mbrasak with krucils pun bisa jadi salah satu fampro rumah krucils.

Family forum pertama saat belajar komunikasi produktif setahun lalu

Karena :
ACTIVITY + MANAGEMENT AND ORGANIZATION = PROJECT

dan manfaat dari family project ini banyak banget, diantaranya adalah :
1. salah satu sarana pendidikan bagi seluruh anggota keluarga.
sehingga setiap kegiatan dirumah meski cuma kumpul2 aja itu tetap ada aktivitas pendidikan, ga berlalu begitu saja tanap arti.
2. salah satu sarana untuk membangun “bounding” di dalam keluarga. Tercipta ikatan batin antar anggota keluarga, sehingga hubungan menjadi semakin indah dan harmonis.
3. sebagai sarana “Check Temperature” keluarga kita. Apakah hubungan antar anggota keluarga dalam kondisi adem ayem berada di suhu normal atau sedang ada gesekan-gesekan yang selama ini tidak terlihat, sehingga ada tantangan kecil saja selama menjalankan family project, suhu sudah memanas.
4. sarana menguatkan core values keluarga. Core Values tidak bisa hanya dituliskan besar-besar di kertas dan di tempel di dinding rumah. Core Values harus diujikan untuk mendapatkan sebuah keyakinan bahwa hal tersebut layak diperjuangkan. Ujian itu lewat family project.
5. apabila dijalankan dengan sungguh-sungguh maka akan menjadi pijakan kita dan keluarga ke surga, apabila keluarga kita memang sedang berjalan menuju surga, maka tidak perlu menunggu sampai di akherat untuk merasakannya, kita bisa merasakannya sekarang saat di dunia bersama keluarga kita.

meski dimulai dengan kegiatan2 kecil di keluarga kita, kita bisa membuat Family Project menjadi sesuatu yang besar. Tentu ada caranya, yaitu dengan KONSISTENSI dan KOMUNIKASI yang tepat.

Konsistensi itu sangat bergantung pada hal-hal berikut ini:
a. Apakah family project ini membahagiakan seluruh anggota keluarga? (Fun)
b. Apakah family project sejalan dengan values yang sedang diperjuangkan di dalam keluarga kita? (values)
c. Seberapa unik family project anda dibandingkan family project yang lain? (uniqueness)
d. Apa alasan kuat dari salah satu, sebagian atau seluruh anggota keluarga untuk menjalankan family project ini? (Reason)

sedangkan komunikasi dibangun dengan adanya “Family Forum” alias ngobrol-ngobrol asyik tentang banyak hal, dari sekedar ngomongin kesenangan, menggali potensi, sampai membuat project tertentu.
setiap family project musti ada apresiasi (karena anak-anak belum butuh evaluasi), kalaupun ada yang harus diperbaiki atau diubah strateginya cukup diCATAT untuk next family project sehingga perencanaannya lebih efektif.

then apa hubungi FAMPRO dengan Kecerdasan Anak?

* di Kecerdasan Intellectual kita bisa melihat apakah :
a.  Apakah rasa Ingin tahu anak-anak terhadap sesuatu menjadi semakin tinggi?
b. Apakah Kreativitas dan Daya Imajinasinya menjadi semakin besar?
c. Apakah muncul gairah belajar dan inovasi baru yang anak-anak dapatkan selama menjalankan family project?
d. Bagaimana anak-anak menyikapi pengetahuan baru, pengalaman baru yang mereka dapatkan selama menjalankan Family Project?
e. Apakah anak-anak menemukan gairah untuk selalu berkarya dan menemukan hal baru demi kehidupan mereka yang lebih baik?

* di Kecerdasan Emosional
a. Apakah selama menjalankan Family Project muncul kesadaran diri secara penuh dari anak-anak?
b. Apakah anak-anak makin mengenal emosi yang muncul  ( senang, bahagia, sedih) selama menjalankan Family Project?
c. Apakah emosi anak stabil/meledak-ledak ketika menghadapi tantangan selama Family Project berjalan?
d.Apakah anak bisa mengerti perasaan dan kebutuhan orang lain, sehingga orang lainpun merasa senang dan dimengerti perasaannya?
e. Apakah anak sanggup mengelola emosi yang dia dapatkan dari orang lain, sehingga tercipta ketrampilan sosial yang tinggi?

di Kecerdasan Spiritual
Kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna ( value), kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya.

kita akan bisa melihat hal-hal sebagai berikut:
a. Apakah anak-anak bisa makin mengenal ciptaan Allah dan makin menyayangi antara sesama makhluk ciptaan Allah selama menjalankan Family Project ini?
b. Apakah anak-anak makin melihat dirinya dan keluarganya sebagai sesuatu yang unik yang diciptakan Allah berbeda dengan yang lain,  selama menjalankan Family Project ini?
c. Apakah rasa syukur anak-anak makin meningkat selama menjalankan Family Project?
d. Apakah anak-anak makin ridho dan konsisten dengan segala perintah dan laranganNya selama menjalankan Family Project?
e. Apakah anak-anak mendapatkan berbagai akhlak mulia yang bisa dia dapatkan untuk dipraktekkan selama menjalankan Family project?
f. Apakah anak-anak semakin tunduk dan taat terhadap kehendak penciptaNya, selama menjalankan Family Project?
g. Apakah anak-anak semakin bergairah untuk menebar benih manfaat di muka bumi ini, dan sadar perannya sebagai Khalifah di muka bumi ini, selama menjalankan Family project?

ada juga Kecerdasan Menghadapi Tantangan ( AI)

Selama menjalankan Family Project pasti kita dan anak-anak menghadapi berbagai macam tantangan dan cobaan. Dari sinilah kita paham seberapa kuat anak-anak kita menghadapi tantangan hidup.

a. Apakah selama menjalankan Family Project anak-anak mampu mengontrol dirinya ?
b. Bagaimana reaksi anak-anak ketika kenyataan tidak sesuai dengan harapan yang dia inginkan seama menjalankan Family project?
c. Apakah anak-anak sanggup membangun konsistensi dan komitmen terhadap kesepakatan yang sudah dia putuskan bersama selama menjalankan Family Project?
d. Apakah anak-anak menunjukkan inisiatif besar untuk aktivitas yang dia inginkan, dan sanggup menanggung semua resiko yang akan muncul selama menjalankan Family Project?
e. Bagaimana reaksi anak-anak setiap menjumpai “tantangan” selama family project berjalan, apakah mereka bisa mengubahnya menjadi sebuah peluang?
f. Apakah anak-anak tidak mudah putus asa?
g. Apakah anak-anak berani mengakui sebuah kesalahan dan mau belajar dari kesalahan yang dia buat selama menjalankan Family Project?
h. Apakah kemandirian anak mulai terlihat selama menjalankan Family project?

============

We are “rumah krucil’s team”

di rumah krucils, family forum yang khusus membahas fampro bisa dilakukan jauh sebelum fampro itu berlangsung atau bahkan beberapa saat sebelum go 😀
seperti saat mbolang-with-krucils-menyusuri-jalanan-batam, karena dah sering diajak mbrasak sama mamanya meski tanpa papa sudah ga perlu banyak komando, krucils sudah tau persiapan apa yang harus dilakukan, siapa bawa apa atau dimana musti “menempatkan diri”.

Mbrasak with krucils, bagi saya juga sebagai uji ketangguhan (cieee bahasanya) baik mamanya maupun krucilsnya, karena kami harus melakukan perjalanan sampai tujuan (atau musti sampai rumah) meski sudah capek, meski sudah penat, meski sudah kezeeel karena naik turun motor, bus atau taxol atau hal-hal mengejutkan lain.

Project lain yang sering kami buat adalah baking, buanyak pelajaran dari baking with krucils, mulai dari pelajaran SABAR untuk mamanya (hehe …musti low expectation dech pokoknya yak), belajar matematika logis buat krucils dan pastinya menguatkan bonding kami.

Buanyak yang pengen dilakukan selanjutnya, CATAT …RENCANAKAN .. dan mari kita eksekusi sedikit demi sedikit ya krucils

Erli Oktania
Ibu Profesional wannabe

Advertisements

One thought on “About Family Project Rumah Krucils – journal belajar level 3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s