jurnal fasil : My Family My Team

Ini ketiga kalinya saya menulis tentang game level 3 di perkuliahan bunda sayang IIP.

Yes, pertama saat saya jadi peserta perkuliahan jadi mahasiswi yang baru pertama kali mengenal apa itu “Family Project”, yang kedua saat menjadi peserta dalam kelas Bunda Sayang Leader bisa dibaca disini, dan kali ketiga ini saya menulis sebagai pendamping peserta alias fasilitator di Bunda Sayang batch #4 untuk kelas Gabungan.

Membaca aliran rasa teman2 di kelas saya rasanya senang sekali karena rata2 mereka menjadi lebih dekat dengan anak2 atau suaminya, lebih jeli mengamati potensi diri dan anaknya, lebih peka dengan kebutuhan keluarganya, persis seperti yang saya rasakan saat pertama kali mendapatkan materi level 3 ini.

Bagaimana dengan family Project di rumah krucils?

saat mengampu kelas saat ini kami tidak banyak membuat project di rumah krucils, tapi kami lebih banyak melakukan ‘perjalanan’, hehe mbrasak atau mbolang bareng krucils masih tetap jadi favorit kegiatan bersama kami.

mengutip sedikit materi 3 Bunda Sayang yang saya dapatkan dulu

📌 Kecerdasan Intellektual : Membuat anak pandai, sehingga bisa menjadi sarana meraih kebahagiaan hidup yang penuh kesenangan (pleasant life). Seperti masuk universitas ternama, mendapat pekerjaan dan jabatan yang tinggi. Memiliki rumah, mobil dan kesenangan materi yang lain.📌

📌

Kecerdasan Emosional : membuat anak bisa mengenali dan mengendalikan emosi diri serta emosi orang lain. Kecerdasan ini sangat diperlukan agar seseorang bisa mencapai taraf kebahagiaan di ranah nyaman ( good life), karena kebutuhan jasmani, rohani dan spiritualnya terpenuhi.📌

📌

Kecerdasan Spiritual : membuat hidup penuh arti, anak akan mampu memberi makna pada kehidupan, dan paham apa misi Allah menciptakan diri kita di dunia ini. Membuat anak berpikir secara luas makna sebuah kesuksesan. Hal ini akan mendorong anak-anak mencapai kebahagian hakiki yaitu kehidupan penuh makna (meaningful life).📌

📌

Kecerdasan Menghadapi Tantangan : Menentukan seberapa tangguh anak ini untuk mencapai tingkat kebahagiaan hidup yang dia inginkan.

Menurut saya, mbrasak with krucils bisa menjadi salah satu family project yang kami gunakan untuk mengasah ke-4 kecerdasan diatas.

mengasah kecerdasan dalam family project adalah melatih dua materi sebelumnya yang sudah didapat yaitu komunikasi produktif dan melatih kemandirian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s