Menuju Blogger Profesional with Rulis IP Batam

Kurang lebih 3 minggu lamanya kami (saya dan krucils) tidak berkegiatan diluar rumah karena gantian sakit dan tidak fit, SIM (Surat Ijin Mbrasak) ga dikeluarin sama papa krucils sampai kami benar-benar fit jiwa dan raga xixi.

Nah Sabtu, 3 Agustus jadi hari yang bikin galau mama krucils, saat PJ Rumbel Menulis IP Batam menetapkan workshop “Menuju Blogger Profesional” akan dilaksanakan di Perpustakaan Daerah Provinsi Kepri

Galau karena hari itu kali pertama krucils bisa hadir di kelas teater mereka setelah skip beberapa minggu, galau karena papa krucils yang pulang kerja pagi ga bisa nemenin mereka padahal mamanya pengen banget ikutan workshop.

Alhamdulillah ada jalan, nitip teman adalah salah satu solusi anak dan emak bisa berkegiatan diwaktu bersamaan di tempat yang lumayan berjarak.

Kurang lebih 9.40 kami sampai di Engku Putri, tempat kelas teater krucils, belum ada orang dewasa yang bisa dititipin krucils disana, karena emak-emaknya (3 orang) harus segera meninggalkan tempat menuju lokasi workshop, jalan satu-satunya adalah mengumpulkan 7 anak dalam satu titik, mem-briefing mereka dengan bermacam kesepakatan do and don’t sampai pelatih atau orangtua temannya datang atau sampai kami emak-emaknya datang, terus langsung cuss lari mengejar ojek online eh mengejar waktu ke lokasi workshop meski tetap pasti terlambat.

7 krucils dari 3 emaks, sebelum ditinggal

Alhamdulillah, belum banyak ketinggalan materi dari teh Lina (www.linasasmita.com) tentang bagaimana “Belajar Mengulik Blog”

Mama krucils serius menyimak materi, while adek Rara terlihat terkesima melihat mamanya

Yang saya tangkap dari apa yang dijelaskan teh Lina dalam rangka menuju blogger profesional adalah kita perlu menentukan dulu fungsi blog untuk kita, apakah blog itu untuk

  • Tempat curhat
  • Merekam perjalanan hidup
  • Sebagai sarana melatih daya ingat
  • Tempat berjualan
  • Wadah menampung iklan
  • Lahan mendapat AdSense
  • Berbagi pengetahuan kepada sesama atau
  • Lahan dakwah, dll

Fungsi blog tersebut akan menjadi motivasi untuk kita bisa konsisten dalam menulis sekaligus sebagai branding blog kita.

Then, lanjut ke bagaimana lay-out blog yang menarik, dari pemilihan template atau desain bloh, profil penulis, background sampai domain blog tersebut. Karena semua itu sangat berpengaruh jika kita ingin blog kita menghasilkan uang, bahasa kerennya Monetize blog, yaitu bagaimana kita membuat blog menjadi tempat mendulang rupiah.

Teh Lina menyebutkan monetize blog bisa dengan AdSense, banner iklan, content placement, review produk atau affiliate.

Oiya ada yang terlewat, teh Lina juga menjelaskan tentang PA dan DA

PA itu Page Authority, angka (range 1-100) untuk memprediksi sebuah halaman masuk ke rangking mesin pencari (misal : Google)

DA itu Domain Authority, angka (range 1-100) yang dipakai untuk menilai kepopuleran sebuah blog atau website. Semakin tinggi nilai DA berarti blog tersebut semakin terkenal alias populer.

Bagaimana caranya menaikkan DA? Kata teh Lina bisa dengan

  • konsisten menulis dengan panjang tulisan minimal 350 kata
  • Menulis tema2 spesifik yang jarang ditulis orang
  • Blogwalking ke blog2 populer yang DA nya sudah 40, meninggalkan ‘jejak’ dengan menulis komen di blog2 tersebut ternyata bisa menaikkan DA blog kita.

Wah 2 jam ga terasa dengan materi dan sharing keren yang disampaikan teh Lina, Alhamdulillah insyaAllah masuklah ke Ibu2 Profesional Batam meski menyimak pemaparan sambil momong anak, sambil melayani krucils yang pengen minum, mau kue atau mondar-mandir keliling ruangan, yes seperti itulah memang kondisi di setiap event Ibu Profesional, ibunya sepaket sama anaknya xixi

Alhamdulillah, selesai workshop lanjut ngabisin potluck yang dibawa, luber haha ga cuma dimakan ditempat tapi juga ditawar-tawarkan untuk dibawa pulang.

Potluck nya buanyak

Dan kami (3 emaks) yang meninggalkan 7 krucils nya di Engku putri bersyukur bisa bawain mereka ber-aneka snack buat oleh-oleh karena mereka sudah keren banget, bisa nurut sama orangtua teman yang hadir di kelas teater dan saling menjaga satu sama lain.

Iyes, setelah selesai beberes kami bertiga langsung balik ke Engku putri, bercengkerama sama krucils sambil ngemil snack atau makan siang, sholat Dhuhur lalu pulang ke rumah masing-masing.

What a day….

Capek tapi menyenangkan sekali, krucils belajar, emak juga belajar

Semoga setelah ini, blog mama krucils bisa lebih bermanfaat, ga cuma dipakai buat bikin laporan tugas xixi, pengen juga euy monetize blog ini ihir

Advertisements

4 thoughts on “Menuju Blogger Profesional with Rulis IP Batam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s