Tantangan #2B XPOBeraksi : Mencoba naik Bimbar

Tantangan ke 2 di eksplorasi Online Beraksi ini adalah untuk melakukan uji coba jenis kendaraan yang belum pernah dipakai.

di Batam jenis kendaraan yang mudah ditemui adalah mobil, motor, dan sepeda, kalau kendaraan umum ada bus, mini bus, carry atau angkutan kota, ojek, ojek online, taxi dan taxi online.
dari semua kendaraan yang ada, apa ya yang aku belum pernah coba naik?

Karena kami belum punya mobil, aku sering jalan-jalan sama mama atau papaku dengan motor, sepeda, taxi online, numpang mobil temanku atau naik bus trans Batam.
Yang aku belum pernah naik itu carry dan bimbar (mini bus) yang sering aku lihat di jalan raya.

Aku melakukan uji coba selama 6 hari, misalnya kayak kalau mau pergi ngaji biasanya diantar mama pakai motor aku ganti dengan naik sepeda, kalau kerumah temenku dari halte bis ga terlalu jauh kami mencoba untuk berjalan kaki. Lebih lama siy tapi lebih asyik karena bisa sambil bercanda atau mbrasak.

Aku dan Ale adekku berangkat ngaji pakai sepeda

Nah pada saat aku ke Fisherism akhirnya aku bisa mencoba naik Bimbar, ceritanya begini.

ini jarak anatar rumahku dengan fisherism

Hari itu kami, aku mamaku dan adek2ku, pergi ke Fisherism untuk latihan panahan dan silat, jaraknya sekitar 25km dari rumahku, biasanya kami pergi naik motor dari rumah ke halte Batamindo, dari sana kami naik bus Trans Batam jurusan tanjung Uncang berehentinya di halte Fanindo terus ganti bus Trans Batam jurusan Sekupang turunnya didepan Fisherism.

di Halte batamindo lagi nunggu bus jurusan Tanjung Uncang ke Halte Fanindo

Pas itu hujan lebat sekali di Fanindo, Alhamdulillah pas nyampe Fisherism hujan sudah reda, dan ternyata kami barengan datang dengan bupo (kakaknya mamaku) sama kak Sissy dan mas Alit, sepupuku yang naik taxi online.
Karena hujan yang lebat tadi ternyata latihan panahan dan silatnya dibubarkan, karena kami sudah ada disana akhirnya kami buat jalan-jalan aja.

Kami memutuskan untuk pergi ke Masjid Sultan Riayat Syah atau Masjid Agung 2 Batam yang dilewati bus Trans Batam yang akan kami naiki, nah ga enaknya kalau naik bus itu nunggunnya lamaaa sekali, sampai bupo sudah order taxi online dan hampir saja sopirnya datang waktu bus nya juga datang, akhirnya taxinya di batalkan dan kami naik bus aja dech.

suasana didalam bus, hehe kami sering ketiduran

Sampai di Masjid, yang tadinya rencananya mau sekalian makan bekal jadnya ga jadi dech, karena waktunya tinggal sebentar aja, kami harus mengejar waktu karena bus Trans Batam jurusan Batam Centre yang terakhir jadwalnya jam 5 sore, setelah selesai sholat kami hampir berlari ke halte, tapi ternyata tetap saja bus nya sudah berangkat hiks

Akhirnya, kami buka aja bekal, makan di halte Fanindo, sampe kenyang sampai puas, baru dech mamaku mikir pulangnya naik apa.
Oh ternyata ada angkutan umum, BIMBAR namanya, sejenis bus kecil lebih besar dari mobil biasa tapi lebih kecil dari bus Trans Batam yang biasa kami naiki. Ada yang warna merah dan biru, kata mama, mau ga mau kita naik bimbar, karena kalau naik taxi online pasti mahal sekali, dan kan mau menguji kendaraan yang emisinya lebih kecil ya kan.

Tapi bupo takut, karena bimbar ini terkenal sopirnya suka kebut-kebutan, berdoa aja dech ya. Akhirnya kami naik salah satu bimbar yang warna biru.
Alhamdulillah ternyata sopirnya baik, ga suka ngebut, aku duduk dibelakang bersama bupo, mas Alit dan kak Sissy, mamaku dan adek3ku duduk di depan. Aku bahkan sempat bermain tebak-tebakan sama kak Sissy, asyik juga kok ternyata naik bimbar, kalau dapat sopir yang baik.

suasana didalam bimbar

kalau naik bus aku biasanya bayar 2000 aja karena dianggap pelajar, kalau umum kayak mamaku bayarnya 4000, nah kalau naik bimbar aku bayarnya sama kayak orang dewasa, 5000. Kalau kak Sissy, mas Alit dan bupo harus bayar 6000 karena tempat berhenti mereka lebih jauh dari tempat aku berhenti.

Jadi, mencoba naik kendaraan lain yang belum pernah dinaiki asyik juga ya, lain kali aku mau ngajak mamaku naik carry ah, aku pengen tau rasanya.
Teman-teman yuk ikutan uji coba naik kendaraan umum, biar emisinya lebih sedikit daripada naik mobil pribadi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s